5 Tips Agar Permohonan KPR Disetujui dengan Cepat

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1646814134318.png

Katanya nih, karena harga properti yang semakin tinggi di Indonesia (terutama di kota-kota besar), kaum Millenial kaya kita-kita gini terancam nggak akan bisa beli Rumah Impian karena belum tahu cara agar KPR di acc Bank dengan cepat. Belum lagi hobi jajan kopi ditambah self reward yang terkadang sering membuat saldo rekening menjerit perih. Tapi jangan overthinking dulu ya, walaupun gaji 1 digit tetap possible kok buat beli rumah. Kok bisa?


Soalnya, Bank Syariah Indonesia saat ini sudah memiliki program pembiayaan pembelian rumah (KPR) yang akan selalu setia mendampingi hingga akhirnya Rumah Impian menjadi milikmu sepenuhnya. Nggak perlu mengeluarkan uang ratusan sampai milyaran di awal, kamu sudah bisa menempati Rumah Impianmu secepatnya. Nah setelah tau betapa cuannya program KPR dari Bank Syariah Indonesia, PR kita selanjutnya adalah menyimak tips  Agar KPR disetujui Bank:


  1. Pilih developer yang sudah terpercaya. Developer ini tidak hanya bertugas untuk merekomendasikan rumah terbaik untukmu, namun juga bisa membantu mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan nantinya. Apabila pengembang rumah tidak menepati janji, Nasabah tetap memiliki kewajiban untuk membayar cicilan ke Bank [1]. Jika memungkinkan, pilih developer yang juga sudah bekerja sama dengan Bank penyedia KPR, agar proses pengajuan pembiayaan rumahmu lebih cepat dan lancar.


  1. Pilih Rumah Impian yang sesuai dengan gaji. Cara agar KPR di acc Bank yang paling krusial adalah memilih rumah yang sesuai dengan penghasilan. Jadi, kita harus pintar-pintar mengatur strategi terkait Rumah Impian mana yang akan dipilih sebagai hunian. Idealnya, jumlah cicilan tidak boleh melebihi dari â…“ total gaji bulanan [2]. Pasalnya, Bank Indonesia akan melakukan pengecekan agar jumlah cicilan rumahmu tidak terlalu besar sampai kamu harus struggling ke depannya.


Oh iya, kalau kamu saat ini sudah menikah, kamu juga bisa mengajukan limit pembiayaan yang lebih besar dengan skema penghasilan bersama pasangan (joint income). Fasilitas ini bisa kamu dapatkan dari KPR Syariah BSI lho. Lumayan, bisa dapet rumah baru yang lebih bagus bareng ayang kan?


  1. Lunasi semua hutang kredit. Buat para pemuja Pay Later, yuk dilunasin dulu yuk pinjaman onlinenya. Selain supaya kamu tidak kerepotan dengan tagihan di sana-sini, dalam proses pembiayaan rumah nanti akan ada yang namanya BI Checking, di mana Bank Indonesia akan melakukan review terkait keuanganmu. Salah satu cara agar KPR di acc Bank adalah dengan memiliki catatan keuangan yang bersih. Setidaknya ada 5 kategori kemampuan membayar sebagai berikut [3]:


Lancar

Pembayaran selalu tepat waktu

Dalam Perhatian Khusus

Terdapat tunggakan selama 1-90 hari

Kurang Lancar

Tunggakan melampaui 90-120 hari

Diragukan

Terdapat tunggakan selama 120-180 hari

Macet

Tunggakan sudah melampaui 180 hari


Nah, berdasarkan ketentuan di atas, pengajuanmu akan mengalami hambatan jika statusnya berada dalam kategori Kurang Lancar - Macet, di mana Bank berhak untuk menolak pengajuan pembiayaan Rumah Impianmu [4].


  1. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Namanya juga pengajuan pembiayaan rumah, pastinya ada beberapa syarat administrasi umum yang harus kamu lengkapi agar KPR disetujui Bank, seperti:

  • KTP dan KK

  • Buku Nikah (bagi yang sudah menikah)

  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir

  • Slip gaji selama 3 bulan terakhir dan NPWP

  • Surat keterangan bekerja (pegawai tetap dengan minimal masa kerja 1 tahun)

  1. Menyediakan Down Payment. Salah satu cara agar KPR di acc Bank adalah dengan menyiapkan uang muka. Uang muka alias DP seringkali seringkali jadi syarat wajib sebelum mengajukan permohonan KPR. Jumlah DP untuk membeli rumah ini bisa mencapai 5-10% [4]. Misalnya, jika kamu ingin mengambil rumah seharga Rp400 juta, maka kamu perlu menyiapkan DP sekitar Rp40 juta. Wah, banyak juga ya?

    Eits, tenang bestie, untungnya sekarang ini kita bisa beli rumah tanpa DP sama sekali. Soalnya, KPR Syariah dari Bank Syariah Indonesia memiliki program pembiayaan rumah dengan DP 0%. Cocok banget kan buat kaum Mending kayak kita (mending uangnya buat ngisi rumah)?

    Fasilitas KPR Syariah DP 0% ini bisa didapatkan untuk fasilitas pembiayaan rumah pertama. Selain itu, fitur ini perlu kamu pastikan terlebih dahulu apakah termasuk dalam kategori yang dibebaskan dengan mendatangi kantor cabang BSI terdekat di kotamu untuk melakukan pengecekan.


Okay, Noted….

Setelah mengetahui cara agar KPR di acc bank, jangan lupa untuk terus mengatur perencanaan keuangan setiap bulannya ya, biar kamu nggak keteteran waktu membayar cicilan tiap bulannya. Meskipun KPR Syariah tidak menerapkan sistem denda keterlambatan pembayaran, namun jika kamu selalu membayar cicilan dengan on time, maka kamu akan memiliki track record yang baik dan bisa menjadi modal utama apabila kelak akan mengajukan pembiayaan lain. Supaya nggak over budget, kamu bisa cek dulu daftar rumah beserta simulasi pembayarannya di https://rumahimpian.id/ 



Artikel ini ditinjau oleh :

Ahli Finansial Syariah dari Bank Syariah Indonesia


Referensi:

  1. Otoritas Jasa Keuangan. Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Diakses pada 8 Maret 2022.

  2. Otoritas Jasa Keuangan. Nyicil Rumah Nggak Perlu Takut, Perhatikan Hal Berikut. Diakses pada 8 Maret 2022.

  3. Otoritas Jasa Keuangan. Penilaian Aset Kualitas Umum. Diakses pada 8 Maret 2022.

  4. Otoritas Jasa Keuangan. Mau Punya Hunian Idaman? KPR Syariah Solusinya. Diakses pada 8 Maret 2022.



Related Articles :