Kenali Keuntungan KPR Syariah Sebelum Membeli Rumah

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1642065157588.png

Sobat Milenial! Punya rumah di usia muda memang sering terdengar seperti sebuah candaan angin lalu karena kamu pun mungkin berpikir bahwa gajimu aja nggak cukup buat beli sebuah rumah, ya kan? Wah, padahal ngebayangin punya rumah dengan sertifikat atas nama kita sendiri aja tuh bahagianya bukan main.

Tapi tenang aja, sob. Kamu tuh bisa banget punya rumah sendiri lho dengan ikut program KPR Syariah yang terkenal banyak keuntungannya itu. Apalagi buat kaum milenial seperti kita ini yang sukanya ragu-ragu kalo mau beli properti gede. Ya, nggak? Nih ya, kamu bisa kok mulai dari baca keuntungan KPR Syariah sebelum membeli rumah di bawah ini supaya kamu makin paham kalo punya rumah di usia muda kayak kita itu bisa pake banget!

        Gaji Pas-Pasan Bisa Beli Rumah

Kenapa harus takut beli buat rumah dengan gaji yang kita miliki, sob? Karena pada nyatanya, lewat KPR Syariah kita yang berpenghasilan mulai dari 3 juta rupiah per bulan aja udah bisa lho beli rumah. Ada banyak banget penawaran pembiayaan rumah yang bakalan sesuai sama kemampuan kita pas bayar angsuran perbulannya nanti.

        Akad Jual Beli Sesuai Syariah

Karena beli rumah melalui KPR Syariah, semua proses jual-beli rumah yang terjadi bakal sesuai dengan prinsip syariah Islam. Maka kita nih sebagai pembeli bakal ngerasa lebih nyaman saat bertransaksi. Akad yang dipakai oleh KPR Syariah di Indonesia rata-rata adalah akad murabahah dan akad musyarakah mutanaqisah tergantung dari jenis pembelian rumah yang kita pilih. Nah, apa sih bedanya kedua akad ini?

o    Akad murabahah adalah akad jual-beli di mana pihak bank syariah melakukan pembelian atas objek (dalam hal ini rumah atau apartemen) yang dikehendaki oleh satu nasabah. Setelah terbeli, pihak bank syariah akan menjual objek tadi ke nasabah dan pelunasannya dengan cara mengangsur.

o    Akad musyarakah mutanaqisah adalah akad yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang berkongsi terhadap objek seperti rumah atau apartemen. Nah, salah satu pihak dari kongsi tersebut nantinya akan secara bertahap akan membeli bagian pihak lain. Kemudian bank dan juga nasabah yang berkongsi tadi akan membeli objek yang disepakati secara bersama-sama dengan bagian kepemilikan sesuai kesepakatan, contohnya pihak nasabah 30% dan pihak bank 70%.

Setelah proses kesepakatan terjalin di antara pihak-pihak tersebut, pihak dalam kongsi yang sudah membeli bagian pihak lainnya (dalam hal ini nasabah) nanti akan membeli secara penuh bagian rumah yang dimiliki oleh bank. Pihak bank akan memindahtangankan seluruh aset objek pada pihak nasabah setelah angsuran selesai.

        Bebas Bunga

Salah satu keuntungan pembiayaan rumah dengan KPR Syariah adalah bebas Bunga . Kita bisa mengecek sendiri bahwa beberapa bank konvensional, nisbah dari program KPR mereka cenderung tinggi dan tentu saja tidak sesuai dengan syariah Islam. Wah, nggak mau dong kita mengambil pembiayaan KPR tapi tidak sesuai dengan syariah kita?

Oleh karena itu, kalau kamu pengen lebih nyaman dan sudah pasti sesuai dengan sebagaimana syariah Islam, pembiayaan KPR Syariah merupakan pilihan yang terbaik. Mereka menawarkan berbagai kemudahan angsuran dengan nisbah bebas maupun nisbah bersyarat sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

        Uang Muka Beli Rumah Mulai dari 0%

Beli rumah tanpa uang muka? Bisa banget! Wah, rasanya kesempatan kayak gini cuma bisa kamu dapetin kalo kamu ngajuin pembiayaan rumah lewat KPR Syariah. Dana yang sebelumnya kamu siapkan sebagai DP, bisa kamu alokasikan sebagai pembayaran angsuran untuk beberapa bulan kedepan. Kamu juga bisa membicarakannya dengan pihak bank mengenai ketersediaan dana yang dimiliki saat ini untuk meringankan pembiayaan setiap bulan kedepan nya.

Jadi, yang perlu kamu lakukan sekarang adalah pastiin apa kamu masuk kategori bebas uang muka 0% dengan datang langsung ke bank syariah terdekat atau cek langsung di website resmi kayak rumahimpian.id yang terpercaya.

        Tenor Pembiayaan KPR Syariah Bisa Disesuaikan

Apa sih yang membuat kamu memutuskan mengambil pembiayaan perumahan? Tentu ada banyak hal yang menjadi pertimbangan, termasuk soal tenor pembiayaan. KPR Syariah dari Bank Syariah Indonesia nih misalnya, menyadari bahwa nggak semua orang mampu melunasi pembiayaan rumah dalam waktu singkat, oleh karenanya BSI menyediakan beragam pilihan jangka waktu untuk nasabah setianya. Kamu bisa kok menyesuaikan tenor pembiayaan perumahan sesuai dengan kemampuan finansial, mulai dari 5 tahun, 10 tahun, hingga 15 tahun. Amazingly, KPR Syariah BSI juga menyediakan tenor pembiayaan hingga 30 tahun lho. Wah, sebuah kesempatan mendapatkan hunian impian yang nggak boleh kamu lewatkan nih!

        Plafon Pembiayaan Yang Tinggi

Keuntungan KPR Syariah sebelum membeli rumah berikutnya adalah adanya plafon yang tinggi buat pembiayaan rumah kita. Bank syariah sering nawarin plafon yang sekiranya pas buat kemampuan kita dan menariknya, kita juga bisa berkesempatan buat dapetin plafon 120% lebih tinggi buat pembiayaan rumah, lho!

Meski plafon yang kita terima tinggi nih, angsuran pembiayaan KPR  Syariah itu sangat fleksibel dan bisa disesuaikan dengan kemampuan kita saat membayar angsuran ke depannya. Tenor yang kamu dapetin pun cukup panjang, sob! Wah, ini sih cocok banget buat kita anak muda yang nggak perlu ngorbanin hobi kita buat bayar angsuran rumah.

        Bebas Pilih Hunian Sesuai Keinginan

Bank Syariah tuh emang yang paling ngerti kebutuhan kamu deh, termasuk dalam urusan pembiayaan KPR karena menyediakan pembiayaan properti fleksibel yang dapat disesuaikan dengan keinginan. Kamu yang sudah mengincar satu perumahan di area tertentu misalnya, bisa langsung cus datang ke perumahan buat pilih rumah lalu segera mengurus keperluan pembiayaan KPR Syariah. Penuhi saja semua syarat, dan voila perumahan impian yang sudah lama diidamkan bisa langsung kamu miliki secepatnya.

Eh gimana dong kalau ternyata hunian yang diinginkan bukan perumahan baru? Wah tenang aja sebab KPR Syariah umumnya juga membuka opportunity pembiayaan untuk kamu yang ingin melakukan pembelian rumah second. Nggak hanya itu aja sih, KPR Syariah ternyata juga melayani pengajuan pembiayaan untuk apartemen lho. Bahkan, KPR Syariah juga bisa digunakan untuk mengajukan pembiayaan Ruko ataupun Rukan.

Gimana, sob? Sudah puas belum dengan layanan pembiayaan KPR Syariah yang bisa untuk hampir semua kebutuhan? Kamu hanya perlu mencari hunian atau properti apapun yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan finansial, lalu mulai aja deh lakukan pengajuan pembiayaan!

         Mengecek Rumah Tanpa Harus Datang ke Lokasi

Buat kaum mager yang pengen beli rumah tapi males dateng ke lokasi langsung, kita bisa lho cek rumah yang kita mau dari website yang disediakan oleh bank syariah sebagai pilihan dari katalog KPR Syariah. Sebagai contoh nih, rumahimpian.id nyediain 2 fitur keren di website mereka yaitu simulasi angsuran dan katalog rumah. Nah, di katalog itu kamu bisa pilih rumah di kota mana yang kamu pengen dan berapa angsuran dari properti yang kamu pilih tadi. Masih bingung? Coba ikuti cara ini:

1.    Buka laman rumahimpian.id.

2.       Scroll ke bagian paling bawah sampai kamu bertemu dengan Katalog lalu klik.

3.    Setelah itu kamu akan diarahkan langsung ke website lamudi.co.id.

4.    Klik kolom kosong di sebelah tombol Filter.

5.    Masukkan nama kotamu, setelah itu kamu bebas (opsional) mengisi pilihan berikutnya seperti tipe properti, rentang harga, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi, luas bangunan, luas tanah, fasilitas dan sebagainya. Namun, jika kamu tidak ingin mengisi detail, setelah memasukkan nama kota, langsung klik Cari.

6. Nah, dari daftar rumah yang muncul, kamu bisa klik ‘Lihat Info’ untuk mengetahui detail rumah yang terpampang di gambar tersebut.

Gampang banget, kan? Memang di zaman serba praktis seperti ini, kita nggak perlu banyak bergerak namun sudah bisa akses ke mana-mana dan mendapatkan banyak informasi, ya! Setelah melihat katalog, tentu kita ingin mencoba simulasi pembiayaan, kan? Coba deh ikuti cara ini.

  1. Buka laman rumahimpian.id.
  2. Scroll ke bagian paling bawah sampai kamu bertemu dengan Simulasi lalu klik.
  3. Pada kolom fitur khusus, pilih Griya SiMuda.
  4. Isi semua kolom seperti pendapatan per bulan kamu, proyeksi angsuran, perkiraan harga properti, persentase DP (Down Payment) yang akan kamu sanggupi, dan pilihan tenor mulai dari 10 hingga 30 tahun.
  5. Setelah semua terisi, secara otomatis akan muncul nominal-nominal DP dan juga angsuran yang telah dihitung secara cepat oleh mesin simulasi.

Jika kamu tertarik, langsung saja klik Ajukan. Namun, kalau kamu pengen nego mengenai besaran angsuran pembiayaan, langsung saja datangi bank syariah terdekat dan konsultasikan langsung ke sana, ya.

        Bebas Biaya Provisi, Bebas Penalti, dan Bebas Appraisal

Ini nih yang penting banget buat kamu tahu, mengambil KPR Syariah dari bank syariah akan dibebaskan dari ketiga biaya yang sering memberatkan nasabah seperti biaya provisi, penalti, dan juga appraisal. Lho, emang apa sih ketiga biaya itu? Supaya kamu lebih tau, ini penjelasannya:

o    Biaya Provisi 

Biaya provisi adalah biaya administrasi yang wajib kamu bayar ketika pengajuan pembiayaan rumah disetujui oleh bank. Pada umumnya, bank akan mengenakan biaya provisi sebesar 1% dari total pembiayaan yang disetujui, misal kamu dapat plafon KPR sebesar Rp600 juta berarti biaya provisi adalah Rp6 juta. Banyak kan? Nah, dengan KPR Syariah, kamu nggak perlu ngeluarin biaya tersebut.

o    Biaya Penalti

Biaya penalti merupakan biaya yang akan dikenakan padamu kalau kamu melunasi angsuran lebih awal dari perjanjian yang telah dibuat di awal. Lho, kok malah bayar lebih padahal mau lunas? Ya, sayangnya memang seperti itulah ketentuan yang diberikan oleh sebagian besar bank.

o    Biaya appraisal

Biaya survei adalah nama lain dari jenis biaya ini. Bank akan melakukan survei objek yang kamu kehendaki dan melakukan penaksiran harga rumah. Biaya appraisal rata-rata Rp 350 ribu hingga Rp1 juta tapi bisa jadi berbeda tergantung bank. Nah, berkat KPR Syariah, kamu nggak perlu membayar ini.

        Terlindungi melalui Dapet Asuransi Jiwa dan Asuransi Kebakaran

Keuntungan KPR Syariah ini layak banget buat kamu pertimbangkan. Hanya dengan mengikuti program KPR Syariah, kamu dapat perlindungan dari bank seperti asuransi jiwa dan juga asuransi kebakaran. Dengan begitu selama tinggal di rumah tersebut sambil mengangsur, kamu dan keluarga akan lebih merasa aman dan juga terlindungi berkat proteksi dari bank syariah.

Nah, pada umumnya, asuransi jiwa yang dimaksud di dalam perjanjian KPR Syariah adalah jika nasabah meninggal dunia, akan ada bantuan pelunasan kredit. Bantuan ini akan dinilai langsung oleh pihak penyedia pembiayaan (dalam hal ini bank syariah) dengan mempertimbangkan beberapa poin, seperti sudah berapa lama angsuran berlangsung, siapa ahli warisnya, dan sebagainya. Asuransi jiwa ini pada dasarnya memang untuk meringankan beban si ahli waris melunasi sisa angsuran.

Sementara untuk asuransi kebakaran, kamu bisa menanyakan langsung pada pihak penyedia pembiayaan mengenai besaran persentase bantuan yang akan diterima jika terjadi musibah kebakaran. Jadi, pastikan terlebih dahulu pada saat pengajuan pembiayaan rumah, seperti apakah asuransi jiwa dan kebakaran yang diberikan oleh mereka.

        Lebih Mudah Lakukan Financial Planning

Siapa sih yang kini nggak kenal dengan financial planning? Perencanaan keuangan ini tuh sangat penting dilakukan karena dengan planning yang tepat dapat membuatmu memantau kondisi kesehatan keuangan, membangun aset, hingga membuat rencana investasi dengan baik.

Nah kamu yang sedang getol membuat perencanaan keuangan bakal diuntungkan banget bila  mengambil KPR Syariah. Lho kok bisa sih? Ini karena cicilan properti dari KPR Syariah bersifat fixed atau tidak akan berubah dari awal pembiayaan hingga tenor berakhir. Dengan demikian, kamu dan keluarga kecilmu bisa merencanakan keuangan tanpa perlu khawatir adanya perubahan nilai cicilan di masa depan.

Hal ini tentu berbeda dengan KPR Konvensional yang menggunakan floating rate sehingga cicilan kamu di bulan ini bisa saja berbeda beberapa bulan kedepan karena mengikuti perubahan suku bunga dari Bank Indonesia. So, dengan mengambil KPR Syariah bisa dipastikan bahwa arus kas keuangan kamu bisa lebih terkontrol. Hmmm, sebuah pilihan jitu yang nggak bikin kamu jadi banyak pikiran kan?

Yup, itu semua tadi adalah keuntungan KPR Syariah sebelum membeli rumah buat kita yang masih muda, sob. Sebagai generasi milenial, kita nggak perlu lagi ngerasa minder buat beli rumah hanya karena gaji kita pas-pasan apalagi menunggu berusia paruh baya dulu baru kepikiran buat beli rumah. Padahal kamu tahu sendiri kalau properti seperti rumah adalah investasi terbaik buat di masa depan nanti. Kuy anak muda, kita beli rumah lewat KPR Syariah sekarang!




Related Articles :