Tips Membeli Rumah untuk Keluarga Muda

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1638970997885.png

Pengen Beli Rumah untuk Keluarga Kecilmu? Ini Tipsnya!

Memiliki sebuah hunian adalah impian banyak orang, termasuk pasangan keluarga muda. Namun memilikinya di usia muda? Ini bukan perkara gampang! Apalagi jika harus membeli secara cash, sementara Sobat tinggal di perkotaan dengan harga tanah dan properti yang cenderung meroket tiap tahun.

Tapi, sulit bukan berarti mustahil! Pasangan keluarga muda kayak Kamu bisa mewujudkan impian ini kok. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan program KPR Syariah dari Bank Syariah Indonesia yang berhasil membantu banyak pasangan muda punya rumah.

Agar rencana punya rumah lewat KPR Syariah dari BSI segera terwujud, ada beberapa hal yang perlu Kamu lakukan dulu nih, Apa sajakah itu?  Sobat Milenial bisa lihat rangkuman ini:

                    Tentukan harga rumah yang mau dibeli

Mengetahui kisaran harga rumah yang mau Sobat beli itu penting lho. Hal ini akan menjadi patokan seberapa banyak uang yang perlu disisihkan. So, Kamu jadi lebih mudah mengumpulkan dana untuk Down Payment (DP) dari rumah incaran sehingga tidak akan kesulitan saat melakukan pengajuan KPR Syariah nanti. 

                    Disiplin menabung

Menabung secara disiplin awalnya memang tidak enak. Bagaimana tidak? Sobat harus bisa mengesampingkan “keinginan” demi  terkumpulnya uang  Down Payment  KPR Syariah dari BSI. Kabar baiknya, kini banyak developer yang mensyaratkan jumlah DP hanya sekitar 5% saja dari harga rumah. Tentu angka ini menjadikan target menabung jadi lebih ringan bukan?

                    Menghemat untuk jangka panjang, why not?

Biaya hidup zaman sekarang ini memang mahal, tapi lebih mahal lagi kalau Sobat suka mengikuti trend yang sedang in, seperti ada cafe baru, fashion baru, atau gadget baru. Jangan langsung tergiur untuk membelinya, terlebih menggunakan self-reward  sebagai alasan. Well, self-reward memang sah-sah saja, tapi bijaklah dalam mengalokasikannya.

                    Hemat saja tak cukup, Kamu perlu menambah penghasilan

Karena beli rumah butuh dana yang tidak sedikit, ada baiknya Sobat mencari sumber penghasilan lain di luar pekerjaan utama. Sobat bisa mencoba menjadi dropshipper, reseller, atau bahkan freelancer. Jika ditekuni, penghasilan side-job ini bisa menyamai atau bahkan melebihi main job lho. Alhasil, impian beli rumah pun bisa lebih cepat terwujud.

                    Mulailah berinvestasi

Banyak financial planner juga menyarankan untuk mengalokasikan tabungan dalam bentuk investasi agar lebih meningkat nilainya, seperti menabung emas, membeli saham, membeli reksadana, atau purchase pasar uang. Dengan berinvestasi, langkah Sobat Milenial untuk mengumpulkan dana agar bisa mengajukan KPR Syariah bisa cepat terwujud! Tapi perlu diingat ya Sobat, dalam berinvestasi harus dipelajari dulu jenis investasinya agar potensi kerugian bisa diminimalisir.

                    Jangan Tunda Rencana Pembelian

Seperti halnya harga bahan pokok dan biaya pendidikan, harga rumah tidak pernah turun! Kalau nggak  percaya, Sobat bisa tanyakan pada orangtua, berapa rupiah yang dulu dikeluarkan untuk membeli  rumah mereka? Pasti sudah jauh dari harga rumah di masa kini. Maka dari itu, semakin ditunda, semakin Sobat  harus merogoh kocek lebih dalam untuk membelinya.

                    Melakukan riset rumah yang diinginkan

Langkah terakhir ini penting Sobat lakukan sebelum membeli rumah melalui KPR Syariah. Sobat harus pastikan rumah seperti apa sih yang Sobat dan pasangan impikan. Apakah lokasinya cocok? Apakah harganya sudah sesuai budget? Nah, dari sini Sobat bisa memperhitungkan dan menyesuaikan cara menabung yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Sobat.

Jika masih bingung, coba deh kunjungi rumahimpian.id  yang menyediakan katalog beberapa rumah maupun perumahan yang bisa dipilih. Di situs ini juga, Kamu bisa langsung melakukan simulasi KPR Syariah untuk mengetahui limit pembiayaan yang bisa diajukan sesuai dengan kondisi keuangan. Semoga Kamu dan pasangan bisa cepat memiliki rumah impian dengan bantuan KPR Syariah dari BSI!

 

 



Related Articles :