Cara Menabung untuk Beli Rumah Sebelum Usia 30thn

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1636979077673.png

Gengs, di usia yang menjelang 30 tahun ini apa aja sih yang sudah menjadi pencapaianmu? Pekerjaan yang mapan? Berkeluarga dan sudah punya rumah atas namamu sendiri? Atau mungkin kamu malah udah bekerja settle, udah berkeluarga, dan sekarang lagi pengen beli rumah tapi masih bimbang? Wah, stop worrying deh karena beli rumah itu semacam pencapaian banget buat kita yang ada di usia dekat 30 ini. Semakin lama kamu bimbang, harga properti semakin terus melambung.

Nah, agar kamu nggak terus galau untuk memutuskan beli rumah atau enggaknya, coba deh kamu simak cara menabung untuk beli rumah usia di bawah 30 ini. Selain lebih terarah, dijamin deh setelah membaca ini, kamu bakal langsung tergugah buat beli rumah!

  • Pastikan Kondisi Keuanganmu Dulu

Cara menabung untuk beli rumah usia di bawah 30 yang pertama adalah dengan memastikan keuangan yang kamu miliki dalam kondisi baik terlebih dahulu. Sudah berapa banyak tabungan yang kamu miliki, apakah gaji yang telah kamu terima selama ini sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari keluargamu, dan sebagainya. Bagaimana kalau ada tawaran hutang? Tetep stay ya, karena pembahasan tentang hutang juga ada di halaman ini, kok.

  • Mulai dengan Membuka Rekening Lain

Setelah memastikan bahwa kamu financially stable, segera pisahkan antara tabungan utama dengan tabungan untuk beli rumah. Apakah ini perlu? Tidak juga, tapi sangat direkomendasikan! Kamu bisa menyimpan setengah maupun seperempat dari gaji sesuai kemampuanmu. Cara ini cukup efektif untuk mencegahmu melakukan pengeluaran berlebihan karena mata seolah-olah hanya melihat uang di tabungan utamamu tidaklah banyak.

  • Usahakan untuk Tidak Berhutang

Nah, ini ada kaitannya dengan cara yang pertama tentang mengecek kondisi keuanganmu. Kalau kamu udah punya niat kuat buat nabung beli rumah, ada baiknya hindari deh bikin hutang lain. Karena sekalinya kamu nambah hutang, tujuan kamu buat nabung malah makin nggak fokus dan bisa-bisa jadi buyar. Jadi, pastikan bahwa kamu udah melunasi hutang-hutang yang kamu sembari tetap menabung. Nah, nanti ketika udah lunas, kamu bisa tambahkan uang ke tabungan rumahmu.

  • Mengikuti Program KPR Syariah

Cara berikutnya yaitu ikut program KPR. Kenapa harus program KPR? Karena program ini sangat membantu kita yang di usia menjelang 30 ini punya rumah sendiri dengan cara mudah. Kamu bisa melakukan simulasi pembiayaan di rumahimpian.id lalu cek berapa uang muka dan angsuran yang perlu disiapkan.

Nah, di sinilah manfaat tabungan yang telah kamu sisihkan selama ini agar menjadi uang muka (DP) dari rumah KPR impian. Kalau kamu merasa uang tabunganmu kurang untuk mendekati jumlah DP, datangi saja bank syariah terdekat seperti misalnya ke Bank Syariah Indonesia. Kamu bisa mengonsultasikan keuangan yang kamu miliki sebagai DP KPR begitu pun angsuran ke depannya.

KPR Syariah pun ada kelebihannya yaitu nisbah yang kompetitif dan juga tenor yang lebih panjang sehingga kamu nggak akan merasa terlalu terbebani. Nggak cuma itu, kalau kamu sebelumnya hanya menabung beli rumah tanpa bisa menempatinya, dengan KPR Syariah, kamu sudah bisa tinggal di rumah impian sambil menyelesaikan angsuran rumahmu. Wah, pengen banget, ya!

Itulah cara menabung untuk beli rumah usia di bawah 30 yang wajib banget kamu tau. Memilih KPR Syariah memang banyak menguntungkan kita. Bila sebelumnya kita cuma nabung doang, dengan ikut KPR, kita bisa langsung nempatin rumah sambil melunasi angsuran. Serasa sekali dayung 2, 3 pulau terlampaui, kan? Yuk, think smart!




Related Articles :