Sewa atau Cicil Rumah? Cek Perbandingannya

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1639983609027.png

Perbandingan Sewa atau Cicil Rumah, Pilih yang Mana?

Kalau bicara perbandingan sewa atau cicil rumah, udah jelas ada banyak sekali poin yang mesti Sobat perhatiin. Enggak hanya masalah biaya aja, lho tapi keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing yang masih harus disesuaikan dengan profil tiap yang menjalaninya.

Kalau saat ini Sobat sedang bingung nentuin perbandingan sewa atau cicil rumah, pilih yang mana maka kami ada beberapa informasi menarik, nih. Bisa jadi beberapa poin yang akan kami bahas akan menguatkan hatimu dengan pilihan yang tepat.

Memang ada beberapa pertimbangan yang harus Sobat sesuaikan dengan profil, tapi hal tersebut nggak sulit, kok. Berikut ini adalah beberapa poin yang mesti Sobat perhatiin.

Sesuaikan Kemampuan Setiap Bulan Dulu

Ini jadi poin yang penting banget dan harus kamu pahami pertama, yakni terkait penghasilan Sobat setiap bulan. Kenapa ini cukup penting? Sudah jelas, karena kalau memang memungkinkan buat membeli rumah dengan penghasilan setiap bulan, setidaknya dengan sistem pembiayaan maka lebih baik akan membeli rumah saja.

Tapi, kalau memang kemampuan dari penghasilan bulanan tidak memenuhi untuk melakukan kredit rumah bahkan membeli tunai, maka sewa rumah juga tidak ada salahnya, kok. Hal ini juga bukan tanpa alasan karena sudah ada banyak sekali yang memaksakan untuk memiliki rumah dengan sistem kredit tapi tidak mampu melakukan pembayaran angsuran. Akhirnya? Udah jelas kalau rumah akan disita oleh pihak bank dan angsuran selama ini akan hilang.

Pastikan Juga Tujuan Kamu

Banyak orang yang memilih untuk melakukan cicilan rumah tidak hanya sebagai hunian saja, tapi juga untuk investasi jangka panjang. Walau memang kurang tepat, tapi banyak yang melakukan hal tersebut. Kamu Sobat memang ingin memiliki investasi jangka panjang, maka tidak ada salahnya juga tapi pastikan tidak mengambil tenor yang panjang dan usahakan segera melakukan pelunasan.

Lain hal ketika kamu ingin sesuatu yang fleksibel, maka melakukan sewa rumah juga menjadi pilihan yang tepat karena bisa berpindah tempat tinggal kapan saja. Hal ini juga sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan masyarakat walau mungkin kurang begitu umum di Indonesia.

Pertimbangkan Biaya

Ada lagi, nih satu poin yang juga tidak kalah pentingnya, yakni biaya setiap bulan. Kalau Sobat melakukan sewa rumah, maka sudah pasti harus mengeluarkan biaya sewa tersebut entah setiap bulan atau setiap tahun. Menariknya, ketika kamu memilih untuk menggunakan sewa maka tidak perlu memikirkan biaya perbaikan rumah atau pemeliharaan sampai dengan pajak karena semua itu akan ditanggung oleh pemilik.

Sebaliknya, apabila memilih untuk melakukan cicilan rumah Sobat tidak hanya harus melakukan cicilan rutin setiap bulannya saja tapi juga beberapa biaya lain seperti pajak dan perawatan karena kamu lah pemilik asset dari bangunan tersebut.

Perbandingan Sewa atau Cicil Rumah

So, kesimpulan dari ulasan ini tidak ada yang benar atau salah dalam kedua pilihannya. Hal ini karena bisa Sobat sesuaikan dengan kebutuhan. Kalau memang mampu melakukan pembayaran angsuran maka sudah jelas memilih untuk cicil rumah saja dan pastikan Sobat sudah mengetahui segala bentuk ketentuan dari pihak bank yang bersangkutan.

Tapi, kalau memang belum mampu melakukan cicilan maka tidak ada salahnya juga melakukan penyewaan. Hal ini juga bisa dilakukan untuk menekan resiko dari beberapa hal terlebih apabila penghasilan setiap bulan memang masih belum termasuk kategori tersebut.

Jadi, apa nih yang menjadi pilihanmu? Kalau masih bingung juga Sobat bisa cari tahu lebih dalam di rumahimpian.id. ada banyak sekali informasi bermanfaat yang akan Sobat dapatkan, lho!



Related Articles :