Strategi Keuangan yang Wajib Kamu Tahu di Usia 20 Tahun

Bagikan :



/services/onboard/assets/img1639983899647.png

Strategi Keuangan yang Harus Kamu  Tahu di Usia 20 Tahun

Usia 20-an jadi usia paling berharga untuk Sobat memulai segala sesuatu, mulai dari karir, memperdalam skill, sampai berkeluarga. Dan keuangan  adalah poin yang paling wajib untuk Sobat perhatiin.

Biar enggak salah jalan, tentu Sobat perlu strategi khusus saat usia 20-an ini buat karir tetap berjalan sekaligus keuangan juga stabil sampai beberapa tahun ke depan. Enggak harus irit sampai pelit pada diri sendiri, kok untuk membuat keuangan kamu stabil.

Tapi tetap, ya semua ini dimulai pada usia 20 tahun yang mana baru saja mulai membangun karir dan beberapa hal yang lain. So, apa saja strategi tersebut yang perlu Sobat perhatiin? Berikut ini tipsnya dari kami!

Buat Dana Darurat Sedini Mungkin!

Ini wajib, ya karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi, jadi apabila Sobat saat ini berada di usia 20-an dan baru memulai karir maka mulailah untuk membuat dana darurat. Ini bisa Sobat gunakan untuk beberapa keperluan seperti biaya berobat saat sakit, menyambung hidup saat terjadi PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja, pilihan resign dan sebagainya.

Nggak harus dengan jumlah banyak dan memaksakan diri, kok yang penting konsisten aja dengan jumlah yang tetap setiap bulan dan jangan sampai digunakan untuk keperluan yang lain. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan memisahkan rekening tabungan yang berbeda dengan yang biasa Sobat gunakan untuk menerima gaji atau berbelanja.

Cermat Dalam Berhutang

Hutang perlu dikelola supaya hidup Sobat lebih nyaman. Kalau Sobat memang terpaksa melakukan hal tersebut memang tidak masalah, tapi pastikan keadaan tersebut memang benar-benar kebutuhan mendesak atau hal yang produktif, ya.

Saat ini hutang tidak hanya dari bank saja, ya tapi layanan pinjaman online , juga termasuk hutang yang wajib untuk Sobat hindari. Memang layanan tersebut terlihat akan membantu saat tanggal tua, tapi akan membuat candu dan sering menggunakannya. Terlebih layanan itu kamu gunakan untuk kebutuhan yang pada dasarnya tidak mendesak maka sangat salah sekali.

Fokus Karir!

Apa pun profesi yang sedang dijalani, usahakan untuk fokus dalam menjalaninya. Jangan lagi ada kata malas saat bekerja karena ini adalah usia yang akan menentukan seperti apa karir kamu di beberapa tahun, lho. Tidak hanya menghindari beberapa hal buruk tapi wajib banget untuk mulai fokus dengan apa yang sedang dijalankan.

Usia 20-an jadi usia yang tepat untuk mulai meniti karir menjadi lebih baik apa pun itu yang sedang Sobat sesuaikan.

Mulai Melakukan Investasi

Yang namanya investasi tidak mengenal usia dan harus mulai pada usia berapa, termasuk saat Sobat berusia 20-an. Kalau bicara terkait strategi keuangan yang harus anda tahu di usia 20 tahun tentu saja jawabnya adalah mulai melakukan investasi. Usia tersebut juga menjadi usia yang tepat untuk memulai investasi. Tapi, pastikan juga sebelum mulai melakukan investasi Sobat sudah memahami apa yang akan kamu lakukan, ya.

Pelajari lebih dulu setiap instrumen investasi sebelum mengeluarkan uang dan jangan lupa kalau setiap investasi memiliki resiko baik itu kecil atau besar. Karena terdapat resiko maka pastikan mempelajarinya lebih dulu dan jangan pernah menunda waktu saat akan memulainya.

Jadi, itulah beberapa tips untuk strategi keuangan yang harus anda tahu di usia 20 tahun. Semoga dengan tips tersebut Sobat bisa merencanakan keuangan dengan lebih baik. Jangan lupa, untuk mengetahui beberapa informasi menarik lainnya Sobat juga bisa mendapatkannya di rumahimpian.id. ada banyak informasi lain yang tidak kalah penting buat Sobat ketahui, lho!



Related Articles :